Kantor Kemenag Sinjai Distribusikan Kopor dan Tas Jemaah Haji 1444 H/2023 M

oleh -56 Dilihat
oleh

Balangnipa, Sinjai Utara (Humas Sinjai) — Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai, melalui Seksi Penyelenggara Haji & Umrah (PHU) membagikan koper dan tas jemaah haji, yang disiapkan untuk 230 jemaah haji yang dijadwalkan berangkat ke Asrama Haji Embarkasi Makassar pada tanggal 26 Mei dan terbang ke Madinah tanggal 27 Mei 2023 mendatang.

“Koper untuk jemaah haji mulai kami distribusikan kepada jemaah haji Senin (23/5/2023) kemarin ,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Sinjai, Kamriati Anies

“Dalam paket boks karton kopor/tas terdapat koper besar/bagasi, tas kabin dan tas dokumen/paspor yang berlogo maskapai penerbangan. Barang/dokumen apa saja yang masuk di dalam koper/tas silahkan Bapak dan Ibu jemaah haji memperhatikan daftar yang kami bagikan. Kita harus tertib dan disiplin terkait dengan barang bawaan ini, sehingga perjalanan yang kita lakukan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku selama penerbangan maupun selama di Tanah Suci,” kata Ria Anies

Ia mengingatkan jamaah supaya bisa memilah barang-barang yang boleh dimasukkan kedalam koper bagasi, koper kabin dan tas paspor/dokumen. “Berat maksimal isi koper (pada saat) keberangkatan jamaah adalah 20 kilogram, sedangkan kepulangan yakni 32 kilogram,” katanya.

“Demi keamanan dan keselamatan bersama serta kelancaran perjalanan, kami minta jemaah tidak mencoba-coba membawa barang-barang berbahaya seperti senjata tajam, korek api gas, dan bahan berbahaya lainnya, jika dalam pemeriksaan petugas ditemukan barang yang mencurigakan, minimal disita dan bisa jadi dilakukan intrograsi bahkan penahanan kepada jemaah yang membawa barang,” kata dia.

Sebelumnya, juga disampaikan terkait dengan jemaah yang punya riwayat sakit, utamanya yang berusia lanjut, boleh membawa obat-obatan yang biasa digunakan, dengan sepengetahuan dokter dan dsimpan di tas bagasi maupu tas dokumen/paspor.

Kasi PHU mengatakan jamaah Haji asal Kabupaten Sinjai Tahun 1444 H/2023 M sebanyak 229 namun mengalami mutasi 1 orang Ke Kab. Bulukumba sehingga total 228 masuk bergabung dalam Kloter 06 bersama Jamaah Asal Kota Makassar sebanyak 160 orang plus 1 orang Petugas TPHI, 1 orang TPIHI, dan 3 Orang TKHI dengan total 339 akan diterima secara resmi oleh PPIH Embarkasi Makassar pada Jumat 26 Mei 2023 pukul 17:00 Wita mulai masuk Asrama Haji untuk dilakukan Karantina dan proses pemeriksaan Kesehatan serta dokumen lainya.

Keesokan harinya pada hari Sabtu 27 Mei 2023 tepat pukul 17: 20 Wita akan take Off menuju Kota Madinah dengan Nomor Flight GIA 1106 dengan estimasi akan mendarat di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz atau Bandar Udara Madinah adalah bandara yang terletak di Timur Laut Kota Madinah, Arab Saudi pada Minggu 28 Mei 2023 pukul 0:55 Arabia Standard Time.